top of page

Cara Root Xiaomi Mi S

Updated: Nov 13, 2019

Root Xiaomi Mi S – Saat ini banyak pengguna Android XIAOMI yang kesulitan dalam melakukan root pada Xiaomi Mi S mereka. Karena saat ini XIAOMI telah melakukan pembaharuan dengan meningkatkan fitur keamanannya. Meskipun begitu, beberapa pengguna ternyata lebih membutuhkan cara root Xiaomi ini dengan tujuan seperti memodifikasi sistem, overclock CPU dan lain-lain. Kalau kamu tetap bersikeras untuk merootnya, disini saya kasih tutorial paling mudah yang bisa di coba.


Ponsel yang akan bersaing dikelas menengah ini memiliki ukuran 4,6 inci berteknologi IPS LCD capacitive full HD mencapai ketajaman 1080 x 1920 pixels, hal yang sangat mendukung digunakan dalam bermain game 3D. Selain itu balutan metal yang kokoh tersemat dalam desain bodi sehingga menambah kesan aman terhadap kemungkinan disaat smartphone terjatuh maupun terjadi benturan yang tak diinginkan.


Untuk kinerja yang powerfull smartphone ini mengandalkan Chipset Qualcomm Snapdragon 821 dan RAM 3GB sebagai mesin pacu. Sedangkan pengolah grafis dan sistem pengoperasian android marsmallow memberian efek ringan dikala membuka aplikasi tanpa harus menutup aplikasi lain yang telah dijalankan. Telah dipakai jaringan tercepat dan paling stabil saat ini 4G menjamin aktifitas mobile kita yang berhubungan dengan internet.


Root adalah istilah yang berasal dari Linux yang bearti akar atau inti dari sebuah operasi sistem. Dengan mendapatkan akses root ini kita memiliki hak untuk merubah operasi sistem tersebut entah itu menghapus file yang ada di sistem, merubahnya, memasukan file lain dan lainnya. Intinya kita bisa melakukan apa saja, kalau kita cuma sebagai user biasanya hanya bisa melakukan hal standar dari sebuah perangkat Android.


Manfaat Root Xiaomi Mi S


  • Wifi Kill – Tidak merekam data, tapi hanya sebatas “membunuh” koneksi wifi dari device lain, dengan menggunakan deauthentication packet. Sehingga semua bandwidth internet bisa dinikmati oleh pengguna wifi kill

  • Share screen ke device lain – Dengan ini kita bisa mirror tampilan di smartphone ke PC, smartphone lain, ataupun android TV box. Untuk smartphone samsul dengan app bawaan, root tidak diperlukan. Tapi untuk smartphone lain yang screennya terlock di system, root diperlukan untuk mengakses frame dari screennya. Salah satu app mirroring yang paling mantap adalah mirrorop sender, yang memiliki framerate tertinggi di antara semuanya.

  • Auto reply app chatting – Dengan memakai kombinasi tasker (dan autoinput), hampir semua app chatting bisa diset auto reply. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk merogoh smartphone mengetikkan kata-kata Saya sedang sibuk, Lagi mengemudi ataupun Lagi meeting. Semua nya sudah bisa dibuat otomatis.

  • Menginstall Viper4android – Untuk membuat suara speaker maupun headset menjadi berefek seperti di studio. Bisa digabungin lagi dengan library dolby dari smartphone lain.

  • Firewall android – Membatasi koneksi internet mobile data, wifi ataupun tethering pada app tertentu.


Resiko Root Xiaomi Mi S


  • Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.

  • Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.

  • Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.


Root Xiaomi Mi S Dengan Magisk


  • Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah ditemukan nanti.

  • Matikan Xiaomi Mi S, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.

  • Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install

  • Temukan file Magisk-v18.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash

  • Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

  • Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install


Itulah cara melakukan root smartphone Android Xiaomi Mi S. Jika kamu masih bingung, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!



5 views0 comments
bottom of page